Selasa, 18 September 2012

Bangga Menjadi Mahasiswa Perikanan Undip :)



Ada yang Salahkah dengan Jurusan Perikanan ??
Ini adalah kisah ceritaku mengapa bisa sampe berkuliah dan bangga menjadi anak iwak....
Aku seorang siswa biasa saat itu, ya saat duduk di bangku SMA. Aku sekolah di SMA Negeri 10 Bekasi. Saat itu aku mulai bingung harus masuk di bidang sains atau sosial. Dan saat itu pula aku konsultasi dengan orang tua lebih baik ambil apa. Pada akhirnya keputusan terbaik yaitu memilih IPA lah sebagai lanjutanku di kelas 11. Nah mulai dari sini lah aku berpikir akan berkuliah dimana nanti 2 tahun lagi. Ahaaa aku ingin sekali menjadi mahasiswa Psikologi UI, namun ternyata keinginanku tidak dipenuhi oleh orang tua. Mereka ingin aku berkuliah sesuai dengan bidangku di sains. Lalu aku pun mulai bingung memilih jurusn apa, padahal masih lama aku berkuliah.
Setahun kemudian, ya aku menjadi siswa yg posisinya tertinggi yaitu kelas 12. Ini dia yang menjadi puncak kebingunganku untuk menentukan aku melanjutkan kuliah dimana selesai UN nanti. Lalu aku muli mencari-cari aku cocok di jurusan apa, konsultasi guru, tentor, keluarga, teman dan orang tua. Dan aku pun mulai terlintas dengan salah satu nama PTN, yaaph UNDIP itulah yang aku bayangkan. Dalam hati kecilku, aku pasti bisa menjadi mahasiswa UNDIP tahun 2011. Dan akhirnya alhasil waktunya SNMPTN akan dimulai, bismillah aku ambil IPC dengan pilihan pertama yaitu Sains Komunikasi IPB, kedua Ilmu Komunikasi UNDIP dan ketiga Manajemen Sumberdaya Perairan UNDIP. Ya Allah ini harapanku, hanya lewat SNMPTN Utul inilah aku berharap bisa melanjutkan kuliah di PTN. SNMPTN pun berlangsung, yaa aku optimis untuk berhasil dan mendapatkan Ilmu Komunikasi UNDIP, itulah yang ku pikirkan. Aku bisa pasti bisa kuliah di UNDIP.

SNMPTN pun telah selesai, lalu muncul lah banyak pendaftaran seleksi masuk kuliah PTN dan Kedinasan. Disinilah aku mulai dilanda kebingungan kembali. Aku sedikit goyah takut gak keterima di SNMPTN Utul. Dan ternyata orang tua pun menginginkan aku berkuliah di STAN. Haduuuh matilah aku tambah bingung, aku ini gak ahli dengan namanya hitungan apalagi ekonomi. Aku menyerah sungguh gak mampu kalo harus kuliah disana. Hhm lalu aku pun mulai melirik kembali UI, nah ada SIMAK UI nih. Yayayaa aku bilang ke orang tua, ayah ibu kaka mau daftar ya di UI ambil S1 sm D3 nya Ilmu Komunikasi. Ya sudah gapapa boleh, daftar aja. Dan aku pun daftar lalu..... hari H tiba, tes nya susaaaah banget dibanding dengan SNMPTN. Dan aku pun pesimis tidak mungkin aku lolos di SIMAK UI. Aah Cuma bisa berharap ada keajaiban aja kalau memang aku benar jadi mahasiswa UI.
Setelah SIMAK UI selesai, aku pun mencoba mendaftarkan diri di D1 STAN, sesuai keinginan orang tua. Semua berkas sudah siap, dan kirim lewat pos.
Hhm aku mulai cape, stres, pusing karena sudah berusaha semaksimal mungkin saat itu untuk kuliah di PTN. Lalu yasudahlah aku tinggal menunggu hasil SNMPTN Utul saja.
Dan saat hari itu pengumuman dimulai, aku hiraukan karena aku sudah putus asa terlebih dahulu untuk melihat hasilnya. Karena untuk online saja susah sekali. Dan saat malamnya barulah aku buka situs nya, saat ku buka....... 


Haphaphap yeeiiyeii alhamdulilah aku lolos di UNDIP. Yaa itu doaku, Allah mengabulkan doaku, aku bisa kuliah di PTN dan di UNDIP pula. Tapi tapi tunggu sebentar, bukan Ilmu Komunikasi yang aku dapatkan L aaahh senang dan sedih jadi satu, aku bingung aku galau. Dan kata orang tua, itu rejeki kamu disana kak, yasudahlah gak apa apa gak harus di komunikasi. Anak ayah ibu pasti sukses kok, walaupun gak sesuai harapan. Masalah kerja urusan belakangan. Sekarang kuliah dulu aja, cari pengalaman jadi mahasiswa seketika aku berpikir, mungkin ini jalan-Nya yg terbaik untukku. Langsung ku lupakan UI dan STAN, karena Aku Cinta UNDIP, aku ingin kuliah disini. Karena Aku ini seorang wanita Cancer dan kelahiran dari Cirebon kota Udang yang menyukai dunia perairan. Kenapa tidak aku coba dengan jurusan ini. Iya jurusan Perikanan UNDIP, gak salah kan (^^)

Nah itu lah sedikit cerita tentang aku yang menjadi seorang mahasiswa perikanan. Dan aku pun BANGGA menjadi anak iwak !
Siapa saja yang berani menjelek-jelekkan dunia perikanan, akan ku habiskan dengan banyak sekali kata-kata pedas nan amis untuknya.
Berpikirkah kalian dengan ikan yang sekiranya amis bagi kalian namun mempunya protein paling tinggi, yang membuat kalian pintar cerdas berprestasi dan bahkan kalian bisa berkuliah di kedokteran, teknik, ekonomi dll. Karena konsumsi ikan yang tinggi.
Dan tidakkah kalian berpikir, INDONESIA adalah Negara Maritim bukan Agraris. Karena jumlah perairan Indonesia adalah 2/3 nya dari luas Indonesia tersendiri. Serta Sumberdaya Ikannya pun takkan habis selagi kita menjaganya bersama. Menjaga air kita untuk tetap bersih dan mempunyai ikan yang banyak.
Dan tau kah kalian, aku mempunyai banyak sekali Kakak-kakak senior dan para dosen bahkan profesor perikanan yang hebatnya sungguh luar biasa. Gak kalah dengan mereka mereka yg diluar perikanan.
Cobalah berpikir lagi, jumlah perairan didunia ini lebih besar dibanding daratannya. Dan manusia pun tercipta dari saripati tanah(air) gabungan dari sperma dan ovum kedua orang tua kita.
Betapa besarnya manfaat dari air, dunia perikanan yg Kaya akan air.
Sekarang kalian bisa ngomong apa kalau sudah ada fakta jelas nya kalau kuliah di PERIKANAN itu Sangat Jaya dan Kaya ! hahaha aku pun bisa sukses dengan jurusanku sendiri kok. Bolehlah kalian bangga dengan jurusan kalian yang sangat wow itu, tapi tolong jangan merendahkan jurusanku !
Dan cita-citaku saat ini adalah ingin menjadikan negaraku tercinta sebagai negara yang makmur dan jaya akan perikanannya. Amin...
PERIKANAN JAYA, OUTSTANDING IN HARMONY \(^_^)/
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN

     

4 komentar:

  1. Selamat datang di Almamater yang terbanggakan sepanjang masa.. jadilah salah satu mahasiswa kebanggaan UNDIP

    BalasHapus
  2. Kehidupan tidak menilai tempat dimana kita berdiri,, tapi dia menilai sebagai siapa kita berdiri... :) Good post..

    BalasHapus
  3. kakak aku juga masuk fpik undip ^^

    BalasHapus
  4. Hai, Sukaduka kuliah di fakultas perikanan dong?

    BalasHapus